Tips Memotret Menggunakan DSLR di Malam Hari, Dijamin Tidak Blur

Posted on

Mengambil sebuah gambar atau video di malam hari tentu berbeda ketika mengambil sebuah objek di waktu siang hari. Perbedaan bisa dilihat dari pengaturan kamera untuk mengambil gambar dan tentunya sangat susah ketika mengambil gambar di waktu malam hari. Nah, berikut ini ada beberapa tips memotret menggunakan DSLR di malam hari, langsung saja simak dan dibaca agar lebih jelas dan paham.

Tips Memotret Menggunakan DSLR Di Malam Hari
darunnajah.com

Inilah Tips Memotret Menggunakan DSLR di Malam Hari

Memotret pada waktu malam hari bisa dibilang mudah-mudah susah bukan? Apalagi memotretnya menggunakan sebuah DSLR. Jika Anda belum paham betul, bagaimana cara memotret gambar atau objek di malam hari agar tidak kelihatan buram dan gelap tentunya semua itu ada cara dan tipsnya.

Meskipun begitu, cara dan tips tersebut harus dilakukan dengan benar dan tepat. Khususnya para fotografer pemula atau yang belum paham betul tentang kamera DSLR.

Dijamin akan bisa langsung memotret objek apapun dalam kondisi minim cahaya atau kurang cahaya ketika malam hari. Penasaran? Berikut dibawah ini ada tips memotret menggunakan DSLR di malam hari.

Jangan Menaikan Level ISO Kamera

Trik dan cara pertama memotret objek menggunakan DSLR di waktu malam hari yaitu jangan menaikan level pengaturan ISO pada kamera.

Tempatkan pengaturan ISO di titik atau letak terendah. Menaikan level atau setting ISO akan berarti juga menaikan noise dan mengurangi ketajaman dari objek yang akan dipotret atau dibidik.

Menggunakan Focal Length Pendek

Cara memotret objek menggunakan DSLR di malam hari kedua yaitu harus menggunakan lensa dengan focal length pendek. Sebab, focal length panjang akan berpotensi memunculkan dan menampilkan blur karena getaran dihasilkan ketika akan membidik suatu objek.

Perlu untuk diketahui, mengubah focal length tentunya juga akan mengubah komposisi dan melakukan perubahan ulang untuk mendapatkan sebuah obyek terbaik pada malam hari.

Sesuaikan Setting White Balance di Kamera

Apabila objek bidikan Anda pada waktu malam hari merupakan kondisi perkotaan dengan nuansa banyak lampu, maka hal terpenting dan harus dilakukan yaitu mengatur agar objek gambar pada malam hari sangat indah yaitu dengan cara setting White Balance.

Namun usahakan untuk menyesuaikan setting White Balance pada angka 3000 sampai 700K saja. Nah, dengan mengatur angka demikian, dijamin hasil jepretan dan gambar pada malam hari akan berkualitas dan jernih.

Setting Aperture ke Angka Paling Tajam

Setting Aperture ke angkan paling tajam merupakan cara memotret menggunakan DSLR di malam hari. Hal ini dilakukan untuk menghadiri noise atau blur dengan mengatur diafragma pada dua jarak setiap dari aperture terlebar.

Misalnya sebagai contoh yaitu aperture kamera F/2.8 maka Anda perlu mengatur diafragma tertahan pada angka f/5.6 dan f/8.

Tips memotret menggunakan DSLR di malam hari di atas dijamin akan menghasilkan objek bidikan dan gambar Anda semakin indah tanpa adanya blur atau noise.