Cara Merawat Kamera DSLR yang Tepat Agar Tetap Awet

Posted on

Kamera DSLR merupakan jenis kamera yang banyak digunakan oleh para pecinta fotografi. Selain memiliki tampilan yang bagus untuk memotret, hasil jepretan dari kamera ini pun juga tidak pernah mengecewakan. Terlebih lagi jika pemilik kamera bisa merawat kamera DSLR dengan cara yang baik dan benar.

Cara Merawat Kamera DSLR
pexels.com

Cara Merawat Kamera DSLR Yang Benar

Menggunakan kamera DSLR memang harus disertai dengan perawatan yang baik dan benar. Jika tidak, maka kamera bisa menjadi tidak awet dan hasil jepretannya pun juga bisa menurun kualitasnya. Nah, berikut ini adalah cara merawat kamera DSLR yang benar dan bisa Anda terapkan pada kamera kesayangan.

Jauhkan Dari Air dan Tempat Lembab

Salah satu hal yang bisa merusak kamera DSLR yaitu air. Air dalam bentuk uap juga cukup membahayakan kamera Anda, terlebih jika kamera DSLR dipakai di wilayah dengan kelembaban yang tinggi.

Kelembaban bisa mengakibatkan kerusakan pada internal kamera dan bisa mengakibatkan tumbuhnya jamur pada bagian luar kamera. Maka dari itu, setelah menggunakan Anda bisa meletakkannya pada tempat yang aman.

Gunakan Lensa Hood

Fungsi Hood pada lensa kamera DSLR diantaranya untuk mencegah cahaya yang berlebih masuk pada sensor kamera. Cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera pada waktu yang cukup lama bisa menjadikan berkurangnya kepekaan sensor pada kamera DSLR Anda.

Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya Anda menggunakan lensa Hood, terlebih jika Anda  melakukan kegiatan foto di ruang yang terbuka saat siang hari.

Merawat Baterai Kamera Dengan Baik

Berbagai jenis kamera DSLR memakai baterai litium yang dapat diisi ulang dengan terus menerus, tapi dengan jumlah yang terbatas. Sesudah dilakukan recharge sebanyak 500 kali, pada umumnya baterai tersebut bisa menjadi turun kemampuan untuk menyimpan dayanya.

Cara merawat kamera DSLR yang benar juga harus dilakukan dengan menjaga keawetan baterai. Hindari menyimpan kamera atau baterai di tempat yang suhunya 43 derajat celcius, karena ini bisa mengakibatkan kerusakan pada internal baterai.

Bersihkan Lensa Kamera DSLR

Rawatlah lensa kamera DSLR Anda supaya selalu terlihat jernih dan bisa menghasilkan foto yang jernih juga. Untuk melakukan pembersihan lensa, maka Anda bisa memakai cairan pembersih khusus lensa. Hindari membersihkan lensa dengan menggunakan air biasa. Hal ini disebabkan karena di dalam air biasa terdapat kandungan mineral yang bisa merusak lensa.

Jangan menyemprotkan langsung cairan pembersih ke permukaan lensa. Semprotkan cairan pembersih ke lap microfiber khusus lalu seka lensa tersebut dengan hati-hati.

Hindari memegang lensa dengan menggunakan jari tangan, karena di jari tangan biasanya mengandung minyak yang dapat menjadikan kejernihan lensa berkurang.

Gunakan Pelindung Layar pada LCD

Cara merawat LCD pada kamera DSLR sama halnya dengan menggunakan smartphone. Untuk keamanannya sebaiknya menggunakan dan memasang screen guard. Screen guard ini bisa menjadikan layar kamera Anda lebih terlindungi.

Tak hanya itu saja, screen guard juga bisa melindunginya dari goresan dan bisa menjaganya dari bekas sidik jari pengguna. Jika Anda menggunakan screen guard, maka layar LCD kamera DSLR bisa terlindung dari debu dan air.

Simpan Pada Dry Box

Agar kamera DSLR Anda tetap awet, maka bisa menyimpannya di dry box. Dry box ini bisa melindungi kamera Anda dari suhu yang lembab. Dengan menggunakan dry box kamera DSLR Anda akan tetap kering dan terhindar dari kelembaban.

Jika cara merawat kamera DSLR ini Anda lakukan dengan benar dan konsisten, maka kamera DSLR Anda bisa tetap awet meskipun sudah lama digunakan.