Mengetahui Beberapa Perbedaan SLR dan DSLR, Fotografer Wajib Tahu!

Posted on

Fotografi sudah ada sejak zaman dahulu, diprakarsai oleh Joseph Nicephore Niepce pada tahun 1827 di Prancis. Seiring berkembangnya dunia fotografi banyak orang belum mengetahui secara mendasar perbedaan SLR dan DSLR.

Sejak ditemukannya sebuah alat bernama kamera, dunia fotografi menjadi hal yang digemari banyak orang, bahkan menjadi profesi utama. Seiring majunya perkembangan teknologi, selalu muncul inovasi teknologi kamera terbaru termasuk kamera SLR maupun kamera DSLR. Lalu sebenarnya apa perbedaan dari dua jenis kamera ini?

Mengetahui Beberapa Perbedaan SLR Dan DSLR, Fotografer Wajib Tahu!
Mengetahui Beberapa Perbedaan SLR Dan DSLR, Fotografer Wajib Tahu!

Serupa Tapi Tak Sama, Berikut Perbedaan SLR dan DSLR

Trend fotografi semakin marak seiring dengan menjamurnya media sosial sehingga orang bisa saling berbagi hasil fotonya. Kemudian semakin banyak orang yang tertarik menekuni dunia fotografi tapi mungkin masih kebingungan dalam memilih kamera.

Meskipun sekilas nampak mirip ternyata dua jenis kamera ini sangat berbeda, loh. Mulai dari fitur sampai ke harganya, apa saja perbedaannya yuk kita simak.

Nama

SLR adalah singkatan dari Single Lens Reflex, sedangkan DSLR adalah singkatan dari Digital Single Lens Reflex. Dilihat dari namanya saja sudah terlihat perbedaannya yaitu DSLR menggunakan sistem digital.

Cara Kerja

Kamera SLR menggunakan sistem secara single atau jajaran lensa berjalur tunggal dalam proses pengambilan gambar. Dengan cara kerja seperti itu membuat hasil foto nampak sama persis dengan objek yang difoto.

Lensa kamera SLR meneruskan cahaya melalui lensa yang kemudian menuju ke dua tempat yang berbeda yaitu focal plane dan view finder. Jika kamu baru belajar fotografi atau fotografer pemula sangat cocok menggunakan kamera SLR.

Sedangkan kamera DSLR dalam pengambilan gambar menggunakan pentaprisma dan mechanical mirror system pada saat meneruskan cahaya dari lensa ke optical viewfinder. Jadi kamera DSLR ini adalah kamera yang lebih modern dari kamera SLR.

Penyimpanan Gambar

Kamera SLR belum punya teknologi digital untuk menyimpan hasil fotonya. Kamu harus menggunakan rol film untuk menyimpan semua hasil fotomu. Kemudian kamera SLR mempunyai media penyimpanan yaitu film 35mm dan juga analog. Sehingga hasil foto kamera SLR tidak bisa diedit dan harus dicetak secara manual.

Kamera DSLR lebih praktis karena bisa menyimpan semua hasil gambar pada memory card dengan kapasitas yang berbeda-beda. Memory card ini lebih praktis karena hasil foto bisa dihapus atau diedit terlebih dahulu.

Pencetakan Gambar

Sudah dijelaskan di atas bahwa kamera DSLR menggunakan teknologi digital. Oleh karena itu pencetakan gambarnya juga bisa lebih praktis menggunakan printer digital. Sedangkan hasil foto dari kamera SLR harus dicuci cetak foto negatif menggunakan roll film.

Fitur

Secara fisik jika diperhatikan kamera SLR memiliki lebih sedikit tombol karena memang fiturnya juga tidak sebanyak kamera DSLR. Sedangkan kamera DSLR memiliki banyak fitur seperti resolusi, white balance, ISO, dan lain-lain.

Harga

Karena memiliki lebih banyak fitur dan lebih praktis maka kamera DSLR harganya juga lebih tinggi daripada kamera SLR. Jadi jika kamu mau mencoba belajar fotografi bisa menyesuaikan budget yang ada.

Jadi dari beberapa perbedaan di atas kamu bisa menentukan kamera manakah yang akan kamu beli. Pastikan membeli sesuai budget dan kebutuhan. Mendalami dunia fotografi bukan hanya sekedar menjadi hobi dan kesenangan saja, namun bila ditekuni bisa menjadi pekerjaan yang bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Jadi jika kamu mau belajar fotografi pastikan sudah mengetahui perbedaan SLR dan DSLR supaya tidak salah dalam mengambil keputusan.