Fotografer Pemula Wajib Tahu Fungsi dari 5 Tombol Kamera DSLR Berikut

Posted on

Setiap kamera tentu mempunyai yang namanya tombol. Namun, belum tentu semua pengguna tahu apa fungsi dari tombol kamera DSLR tersebut. Kamera sendiri menjadi alat yang sangat modern dan banyak digunakan oleh fotografer. Namun mereka tidak menggunakan kamera sembarangan, melainkan kamera terbaik dan pilihan.

Awal untuk menjadi seorang fotografer adalah, kamu harus paham fungsi dari setiap tombol kamera. Lantas, mengapa harus menggunakan kamera DSLR? Karena kamera tersebut dapat menghasilkan foto bagus dan mempunyai harga terjangkau.

Bahkan semakin berkembangnya tahun ini, banyak produk kamera terbaru yang dirilis. Namun merek DSLR sendiri masih menjadi pilihan, dan selalu diburu oleh fotografer. Sekarang sudah ada kamera entry-level, hingga high-end (profesional). Belum lagi dengan kemunculan kamera mirroless yang dimana menjadi lawan persaingan ketat kamera lainnya.

Setiap fotografer sendiri mempunyai tipe kamera yang berbeda, namun kebanyakan dari mereka menggunakan kamera DSLR. Meskipun seseorang suka berfoto menggunakan kamera, ternyata masih ada beberapa yang belum paham fungsi dari tombolnya.

Tombol Kamera DSLR
pixabay.com

Simak Ulasan Lengkap Mengenai Tombol Kamera DSLR yang Wajib Anda Ketahui

Semua berlomba-lomba untuk memproduksi kamera terbaik, karena perangkat ini sendiri sudah banyak digunakan. Mulai dari anak kecil hingga dewasa, semua pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kamera. Biasanya akan digunakan untuk kebutuhan profesional atau sebagai solusi ketika akan mengabadikan momen bersama.

Ketika kamu hobi berfoto menggunakan kamera atau bercita-cita menjadi fotografer. Silakan pahami fungsi dari setiap tombolnya, sehingga nanti dapat menjadi fotografer profesional.

1. Tombol Power Switch

Merupakan bagian terpenting dari kamera, tidak hanya di perangkat ini saja. Bagian tersebut merupakan tombol terpenting untuk semua perangkat elektronik. Karena tombol ini mempunyai fungsi sebagai, bagian untuk menyalakan serta mematikan kamera. Namun setiap jenis kamera, memiliki power switch yang peletakannya berbeda.

2. Tombol Shutter

Kamu pasti akan mengatakan kata “Cheese”, ketika mengambil foto seseorang. Tombol kamera DSLR ini mempunyai fungsi untuk mengambil hasil gambar. Untuk peletakannya sendiri, tombol ini sama dengan kamera lainnya. Intinya letak dari tombol tersebut, sudah disesuaikan dengan jari telunjuk.

Hal tersebut supaya memudahkan kamu ketika akan menekan tombol. Untuk penekanannya sendiri harus sampai setengah tombol, supaya kamera menjadi fokus ke objek yang diinginkan. Setelah itu, kamu dapat lanjut menekan tombol shutter lagi. Namun tombol tersebut tidak akan berfungsi, ketika kamu masih menggunakan manual focus.

3. Tombol Command Dial

Setiap kamu akan mengambil gambar dari suatu objek, maka kamera membutuhkan cahaya yang masuk melalui lensa. Pada dasarnya sendiri cahaya tersebut dibagi menjadi 3 yaitu ISO, diafragma, dan shutter speed. Sedangkan tombol command dial sendiri berfungsi untuk mengatur tingkat cahaya.

Selain itu, tombol tersebut berfungsi untuk mengatur exposure compensation, atau white balanca. Untuk jenis kamera entry-level, biasanya hanya mempunyai 1 command dial. Sedangkan jenis kamera high-end, memiliki 2 command dial.

4. Tombol ISO

Sudah kita bahas di awal tadi, bahwa tombol ini berfungsi untuk mengatur cahaya yang masuk. Karena semakin besar kamu mengatur ISO, maka akan semakin banyak pula cahaya yang masuk. Untuk menggunakan tombol ini kamu harus menekannya, lalu putar command dial hingga cahaya yang diinginkan sudah sesuai.

5. Tombol Aperture

Biasanya tombol tersebut hanya terdapat di kamera entry-level saja dan berfungsi untuk mengatur diafragma lensa. Cara menggunakannya yaitu, kamu tinggal menekan tombolnya. Setelah itu, putar tombol command dial, hingga kamu menemukan bukaan yang pas.

Untuk kamu yang penasaran dengan tombol kamera DSLR, silahkan simak bacaan artikel di atas. Karena semua pembahasannya sudah lengkap dan semoga dapat menambah wawasan kamu.